Pembangunan Sisi Udara BSB Dimulai Januari 2014
'Kontraktor Harus Berpengalaman'


Proyek pembangunan Bandara Udara Samarinda Baru terus dikebut. BSB ditargetkan sudah bisa digunakan pada tahun 2015 mendatang.Proyek pembangunan Bandara Udara Samarinda Baru terus dikebut. BSB ditargetkan sudah bisa digunakan pada tahun 2015 mendatang.
Photo: Dishub Kaltim


Sisi darat Bandara Samarinda Baru hampir selesai dibangun.
Sisi darat Bandara Samarinda Baru hampir selesai dibangun.
Photo: Skycrapercity

mySAMARINDA.com - 13/12/2013 18:31 WITA
Keinginan masyarakat Samarinda untuk memiliki Bandar Udara tampaknya belum bisa terealisasi dalam waktu dekat. Pasalnya, pembangunan sisi udara Bandara Samarinda Baru (BSB) di kawasan Sei Siring Samarinda Utara diperkirakan baru akan dimulai pada awal Januari 2014 mendatang.


Kepastian itu diungkapkan Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak, Jumat (13/12) siang. Menurut Awang, pembangunan BSB tersebut dilakukan secara bertahap lantaran PT Persada Investama (Group Panin) sangat berhati-hati dalam menunjuk kontraktor pelaksana pembangunan.


“Mereka (PT Persada Investama) sangat hati-hati dan tidak mau asal-asalan dalam menetukan kontraktor. Mereka mau kontraktor yang akan melaksanakan pembangunan sisi udara BSB adalah kontraktor yang memiliki pengalaman di bidang pembangunan bandara,” katanya.


Awang menambahkan jika seandainya penunjukan kontraktor pelaksana pembangunan BSB terdahulu profesional seperti sekarang, dirinya yakin BSB sudah dapat dinikmati masyarakat Samarinda dan Kaltim pada umumnya. “Kalau saja yang mengerjakan dulu kontraktornya seperti sekarang, mungkin hasilnya tidak akan seperti ini,” ungkap orang nomor satu di Kaltim itu.

Sisi Darat Kelar Sesuai Prediksi

BSB sendiri sejak sudah diguyur dana Rp 631 miliar dari APBD Kaltim. Tahun 2013 menjadi akhir ketiga paket kontrak pelaksana pembangunan yang berasal dari BUMN. Progres rata-rata seluruh paket sudah mencapai 90 persen. Seperti paket I dan III yaitu bangunan pendukung sudah selesai 90 persen dan 93 persen. Sementara terminal penumpang yang masuk paket II, progres per akhir November 2013 adalah 85 persen. Pembangunan sisi darat dengan total seluruh bangunan di sisi darat sebanyak 33 gedung dipastikan selesai akhir Desember.


Adapun paket pertama sisi darat dikerjakan PT Pembangunan Perumahan (PP) dengan pagu anggaran Rp310 miliar terdiri dari pekerjaan tanah, pengerasan dan drainase, external work, landscape, ATC centre, power station, power supply dan special equipment. Ada pula power substation, subpower station dan area chiller, main fire station, meteorological station, airport maintenance, workshop building, apron service building serta TX building.


Paket ke II dikerjakan PT Waskita Karya dengan nilai kontrak Rp208 miliar berupa design and build terminal penumpang. Desain bangunan terminal yang sudah berdiri ini juga terbilang lebih modern dengan perpaduan etnik daerah Kaltim.


Sedangkan, paket ke III dikerjakan PT Adhi-Tanjung senilai Rp 109 miliar meliputi pekerjaan water treatment plant (Pengolahan air bersih), sewage treatment plant (pengolahan limbah pabrik), ruang pompa, ruang bahan bakar, kantin, pusat medik, mes staf, gedung administrasi dan, hanggar. (Rid)

 

 

 
Berita Lainnya
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Nasional
Gegara Kritik Banjir via SMS: Walikota Laporkan Warganya ke Polisi
Demi Hadapi Masyarakat Ekonomi Asean: Satpam di Samarinda Harus Bisa Berbahasa Inggris
 
Soal Pembangunan di Kaltim: Samarinda Optimis Bakal Terdepan
Kabut Asap Makin Pekat dan Berbahaya: Waspada! Kualitas Udara di Samarinda Tidak Sehat
 
Pepper Lunch Hadir di Bigmall: Rasa Nan Aduhay, Warga Samarinda Wajib Coba
Rambah Ibukota Kalimantan Timur
Pepper Lunch Hadir di Big Mall Samarinda
 
Kalahkan Thailand, Dorna Tunjuk Indonesia: Wauw! MotoGP 2017 Digelar di Sirkuit Sentul
'Selamat Datang, Ibu Presiden Megawati': Aduh! Di Korsel, Presiden RI Bukan Jokowi
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Internasional
Pesta Rakyat Terpopuler di Samarinda: Inilah Daftar Kegiatan Festival Mahakam 2015
Undas Singing Contest: Ajang Pembuktian Talenta Terbaik Kota Samarinda
 
Clean Sheet Dua Laga: Kiper PBFC Ajak Fokus dan Rendah Hati
PSM 0-2 PBFC: Bukan Jago Kandang!
 
Jadi Wahana Perekat Keharmonisan Kota Samarinda: Jambore Cabang Kwarcab Samarinda Digelar di KRUS
Peringatan Hari Koperasi ke-68 di GOR Segiri Samarinda: Kualitas Pengurus Koperasi di Kaltim Harus Ditingkatkan
 
Crane Raksasa Jatuh di Mekkah: Puluhan Orang Tewas dan Ratusan Luka-Luka
Gerakan Kemerdekaan Picu Situasi Tambah Panas: Umat Muslim di Xinjiang China Dilarang Berpuasa
Copyright © 2013-2018 MySamarinda.com. All rights reserved