Ditargetkan Selesai Akhir 2015
Pekerjaan Jembatan Mahkota II Dilanjutkan

Pembangunan Jembatan Mahkota II kembali dilanjutkan oleh Pemkot Samarinda dan ditargetkan selesai akhir 2015 mendatang. Selama ini pembangunan jembatan ini fokus membangun pilar yang sangat memakan waktu dalam pekerjaannya.
Pembangunan Jembatan Mahkota II kembali dilanjutkan oleh Pemkot Samarinda dan ditargetkan selesai akhir 2015 mendatang. Selama ini pembangunan jembatan ini fokus membangun pilar yang sangat memakan waktu dalam pekerjaannya.
Photo: Hafidz/mySAMARINDA

mySAMARINDA.com - 05/04/2014 10:01 WITA
Pekerjaan Jembatan Mahakam Kota (Mahkota) II saat ini kembali dilanjutkan dengan mengerjakan bentang tengah oleh PT Agrabudi Karyamarga sebagai kontraktor pelaksana. Pemkot Samarinda menyatakan seluruh material pendukung juga sudah siap dan fokus untuk pekerjaan saja.


Walikota Samarinda, Syaharie Jaang mengatakan, dengan dimulainya pekerjaan bentang tengah dirinya juga pada akhir 2015 mendatang Mahkota II dapat digunakan. Jembatan yang menghubungkan Kelurahan Sungai Kapih, menuju Kelurahan Simpang Pasir, Palaran ini dapat selesai tepat waktu dan warga bisa melihat langsung bahwa ada aktivitas di lapangan.


"Kami diyakinkan pihak kontraktor selesai di tahun 2015 mendatang, apalagi seluruh material sudah siap dilapangan. Kita juga miliki konsultan pengawas untuk melihat kualitas pekerjaan di lapangan agar sesuai standar kontrak kerja," ucap Jaang, setelah syukuran dimulainya pekerjaan tersebut, Jumat (4/4).


Dijelaskan Jaang, untuk pekerjaan bentang tengah ini Pemkot Samarinda rencananya akan menyiapkan dana Rp40 miliar dan tambahan Rp150 miliar melalui APBD Perubahan Juli mendatang. Selain itu, pemkot juga akan meminta bantuan dana dari Pemprov Kaltim untuk penyelesaian jembatan ini pada APBD murni tahun 2015 mendatang.


"Itu semua sudah kami bahas dengan pak Gubernur (Awang Faroek Ishak) di Musrenbang lalu dan disetujui. Karena keuangan Kota Samarinda saja tidak mampu membiayai secara sekaligus, maka kami akan minta bantuan dari provinsi," paparnya.


Sebelumnya, jembatan yang dikerjakan sejak tahun 2003 ini pada tahap awal sudah menyerap Rp385 miliar dalam pembangunan tahap I. Sedangkan pada tahap II diperkirakan Rp215 miliar. Dengan demikian, total belanja realisasi Mahkota II hingga 2015 telah mencapai Rp 601,2 miliar.


Pada 2013, lalu anggaran Rp51,79 miliar, dilakukan untuk penyelesaian pylon 7 dan 8 pada segmen 23-27, serta pengadaan traveler. Sedangkan tahun ini, kegiatan akan masuk pemasangan table pylon 7 dan 8, pemasangan kabel, dan lantai jembatan (bentang tangah) sepanjang 370 meter. (ibn)

 

 

 
Berita Lainnya
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Nasional
Gegara Kritik Banjir via SMS: Walikota Laporkan Warganya ke Polisi
Demi Hadapi Masyarakat Ekonomi Asean: Satpam di Samarinda Harus Bisa Berbahasa Inggris
 
Soal Pembangunan di Kaltim: Samarinda Optimis Bakal Terdepan
Kabut Asap Makin Pekat dan Berbahaya: Waspada! Kualitas Udara di Samarinda Tidak Sehat
 
Pepper Lunch Hadir di Bigmall: Rasa Nan Aduhay, Warga Samarinda Wajib Coba
Rambah Ibukota Kalimantan Timur
Pepper Lunch Hadir di Big Mall Samarinda
 
Kalahkan Thailand, Dorna Tunjuk Indonesia: Wauw! MotoGP 2017 Digelar di Sirkuit Sentul
'Selamat Datang, Ibu Presiden Megawati': Aduh! Di Korsel, Presiden RI Bukan Jokowi
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Internasional
Pesta Rakyat Terpopuler di Samarinda: Inilah Daftar Kegiatan Festival Mahakam 2015
Undas Singing Contest: Ajang Pembuktian Talenta Terbaik Kota Samarinda
 
Clean Sheet Dua Laga: Kiper PBFC Ajak Fokus dan Rendah Hati
PSM 0-2 PBFC: Bukan Jago Kandang!
 
Jadi Wahana Perekat Keharmonisan Kota Samarinda: Jambore Cabang Kwarcab Samarinda Digelar di KRUS
Peringatan Hari Koperasi ke-68 di GOR Segiri Samarinda: Kualitas Pengurus Koperasi di Kaltim Harus Ditingkatkan
 
Crane Raksasa Jatuh di Mekkah: Puluhan Orang Tewas dan Ratusan Luka-Luka
Gerakan Kemerdekaan Picu Situasi Tambah Panas: Umat Muslim di Xinjiang China Dilarang Berpuasa
Copyright © 2013-2018 MySamarinda.com. All rights reserved