Jika Tak Dibayar, Siap Boikot UN
Guru Bersertifikasi Belum Dapat Insentif

Guru yang tergabung dalam Forum Guru Sertifikasi (FGS) meminta kejelasan mengenai pembayaran insentif mereka yang tak kunjung dicairkan.
Guru yang tergabung dalam Forum Guru Sertifikasi (FGS) meminta kejelasan mengenai pembayaran insentif mereka yang tak kunjung dicairkan.
Photo: Hafidz/mySAMARINDA

mySAMARINDA.com - 10/04/2014 19:02 WITA
Para guru yang mengantongi sertifikat guru di Samarinda belum mendapatkan insentif mereka. Dimana intensif yang belum dibayarkan tersebut mulai tahun 2011 masih tersisa sebulan dan insentif tahun 2012 tersisa dua bulan agar segera dibayarkan.


Begitu juga dengan insentif tahun 2013 mulai triwulan kedua hingga tahun 2014 ini juga belum dibayarkan. Hal ini disampaikan oleh Ketua Forum Guru Sertifikasi (FGS), Abubakar Hasan kepada MySamarinda.


"Kami ingin Disdik (dians Pendidikan) dapat memenuhi janji yang telah disampaikan sebelumnya, dihadapan Anggota DPRD Samarinda bulan Agustus 2013 lalu. Kami fokus agar insentif tahun 2011 dan 2012 yang sudah dijanjikan sanggup dibayarkan, itu belum untuk insentif tahun 2013 dan 2014 yang sudah satu triwulan ini," ungkap Abubakar.


Selain itu, FGS juga meminta agar insentif tersebut agar dapat dibayarkan sebelum pelaksanaan ujian nasional (UN). Bahkan mereka mengancam akan memboikot UN di Samarinda jika sampai UN dilaksanakan belum juga mendapatkan kejelasan dari Walikota (Syaharie Jaang) mengenai pembayaran insentif ini.


"Selain itu kami juga akan coba menghadap Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait masalah ini. Sebelumnya ada dana Rp24 miliar untuk pembayaran insentif yang tertunggak tahun 2011 dan 2012. Serta ada sekitar Rp33 miliar untuk insentif tahun 2013, tapi tak kunjung dicairkan," ujarnya.


Kasubag Keuangan Disdik Samarinda, Yusran mengatakan, pihaknya masih menunggu surat keputusan (SK) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai dasar hukum pembayaran insentif. Sedangkan untuk dana tersebut semuanya masih dipegang kementerian Keuangan yang dicairkan melalui Peraturan Menteri Keuangan berdasarkan SK dari Menteri Pendidikan.


"Kita masih menunggu SK dari Kementerian Pendidikan baru bisa membayar. Selain itu dana tersebut juga masih berada di pusat dan tidak bakal turun pada Pemkot jika belum terbit SK," ucap Yusran.


Terkait seringnya keterlambatan pembayaran, Yusran menjelaskan, bahwa selama ini insentif guru bersertifikasi ini selalu mengalami perubahan akibat adanya kenaikan gaji guru tiap tahunnya. Sehingga dana yang telah disiapkan selalu terserap untuk menutupi kenaikan insentif yang mengakibatkan adanya kekurangan beberapa bulan untuk insentif tersebut.


"Kenaikan insentif guru ini naik 10 persen dari gaji guru dan itu tak dapat diprediksi, hal ini yang menyebabkan terjadinya keterlambatan pembayaran," pungkasnya. (ibn)

 

 

 
Berita Lainnya
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Nasional
Gegara Kritik Banjir via SMS: Walikota Laporkan Warganya ke Polisi
Demi Hadapi Masyarakat Ekonomi Asean: Satpam di Samarinda Harus Bisa Berbahasa Inggris
 
Soal Pembangunan di Kaltim: Samarinda Optimis Bakal Terdepan
Kabut Asap Makin Pekat dan Berbahaya: Waspada! Kualitas Udara di Samarinda Tidak Sehat
 
Pepper Lunch Hadir di Bigmall: Rasa Nan Aduhay, Warga Samarinda Wajib Coba
Rambah Ibukota Kalimantan Timur
Pepper Lunch Hadir di Big Mall Samarinda
 
Kalahkan Thailand, Dorna Tunjuk Indonesia: Wauw! MotoGP 2017 Digelar di Sirkuit Sentul
'Selamat Datang, Ibu Presiden Megawati': Aduh! Di Korsel, Presiden RI Bukan Jokowi
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Internasional
Pesta Rakyat Terpopuler di Samarinda: Inilah Daftar Kegiatan Festival Mahakam 2015
Undas Singing Contest: Ajang Pembuktian Talenta Terbaik Kota Samarinda
 
Clean Sheet Dua Laga: Kiper PBFC Ajak Fokus dan Rendah Hati
PSM 0-2 PBFC: Bukan Jago Kandang!
 
Jadi Wahana Perekat Keharmonisan Kota Samarinda: Jambore Cabang Kwarcab Samarinda Digelar di KRUS
Peringatan Hari Koperasi ke-68 di GOR Segiri Samarinda: Kualitas Pengurus Koperasi di Kaltim Harus Ditingkatkan
 
Crane Raksasa Jatuh di Mekkah: Puluhan Orang Tewas dan Ratusan Luka-Luka
Gerakan Kemerdekaan Picu Situasi Tambah Panas: Umat Muslim di Xinjiang China Dilarang Berpuasa
Copyright © 2013-2018 MySamarinda.com. All rights reserved