Diimbau Lakukan Aktivasi Ulang
Ribuan KTP-el Warga Samarinda Tak Terdata Pusat

Imbas sering erornya aplikasi card reader, 13 ribu lebih warga Samarinda pemegang KTP-el tak terdata di pusat.
Imbas sering erornya aplikasi card reader, 13 ribu lebih warga Samarinda pemegang KTP-el tak terdata di pusat.
Photo: Ist

mySAMARINDA.com - 25/08/2015 05:53 WITA
Sebanyak 13.011 warga yang sudah mendapatkan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) diimbau untuk melakukan aktivasi di kantor Catatan Sipil dan Kependudukan (Capilduk) Samarinda karena tidak terbaca di server pusat Departemen Dalam Negeri (Depdagri).


Mulai Februari 2015, pusat menyerahkan ke daerah untuk melakukan pencetakan dan sekarang sudah tercetak 20.897 keping KTP-el.


Pada Mei terhenti pencetakan karena kerusakan server selama 1 bulan lebih di Capil. "Kemudian kira-kira 1 Minggu sudah selesai diperbaiki Kementerian Dalam Negeri Bidang Infoduk. Dan pada Juni kemarin mulai cetak lagi, tapi karena banyak permintaan masyarakat dan aplikasi card reader sering eror, maka mencetak tanpa aktivasi," ucap Fitermen, Kepala Discapilduk Samarinda.


Oleh karena itu, Fitermen mengimbau warga yang belum melakukan aktivasi untuk datang ke Dinas Capilduk melakukan aktivasi. Dari data yang diketahui dari pusat, ada sebanyak 13.017 warga yang belum melakukan aktivasi.


"Jika warga tidak melakukan aktivasi ini, daerah dianggap lambat melaksanakan pencetakan KTP-el dan berimbas terhadap pasokan blangko yang akan dikurangi, karena dianggap blangko yang ada belum semuanya dicetak. Padahal sekarang kita sudah kehabisan blangko dan stop melakukan pencetakan," terangnya.


Menurutnya, pentingnya aktivasi bagi warga pemengan KTP-el ini, digunakan untuk mengakses berbagai layanan, seperti perbankan atau administrasi kependudukan. Aktivasi juga akan membuktikan chip yang tertanam dalam e-KTP dalam kondisi yang baik.


KTP-el ini dilindungi dengan keamanan pencetakan seperti relief text, microtext, filter image, invisible ink dan warna yang berpendar di bawah sinar ultra violet serta anti copy design.


Penyimpanan data di dalam chip ini telah disesuaikan dengan standar internasional NISTIR 7123 dan Machine Readable Travel Documents ICAO 9303 serta EU Passport Specification 2006. Bentuk ukuran KTP-el yaitu 53,98 mm x 85,60 mm, sesuai dengan ISO 7810 dengan form factor ukuran kartu kredit.


Ditambahkan Fitermen, chip KTP-el yang berisi biodata dan foto pemilik KTP-el telah menjalani proses uji. Aktivasi adalah langkah wajar yang juga diberlakukan untuk layanan lain seperti layanan kartu kredit atau kartu anjungan tunai mandiri (ATM). "Jika tidak diaktivasi sekarang, maka masyarakat yang justru dirugikan, karena KTP-el yang mereka miliki tidak bisa dibaca oleh card reader saat mengakses layanan publik," katanya.


Imbas dari erornya aplikasi card reader ini, pihaknya sudah menyurati pusat, menerangkan bahwa mereka telah melakukan pencetakan KTP-el sebanyak 13.011, namun karena belum melakukan aktivasi sehingga tidak terbaca oleh server pusat. "Harapan kita dengan surat resmi ini, kita tidak dikurangi jatah blangko KTP-el. Apalagi saat ini blangko sudah habis," pungkas Fitermen. (HMS/AHS)

 

 

 
Berita Lainnya
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Nasional
Gegara Kritik Banjir via SMS: Walikota Laporkan Warganya ke Polisi
Demi Hadapi Masyarakat Ekonomi Asean: Satpam di Samarinda Harus Bisa Berbahasa Inggris
 
Soal Pembangunan di Kaltim: Samarinda Optimis Bakal Terdepan
Kabut Asap Makin Pekat dan Berbahaya: Waspada! Kualitas Udara di Samarinda Tidak Sehat
 
Pepper Lunch Hadir di Bigmall: Rasa Nan Aduhay, Warga Samarinda Wajib Coba
Rambah Ibukota Kalimantan Timur
Pepper Lunch Hadir di Big Mall Samarinda
 
Kalahkan Thailand, Dorna Tunjuk Indonesia: Wauw! MotoGP 2017 Digelar di Sirkuit Sentul
'Selamat Datang, Ibu Presiden Megawati': Aduh! Di Korsel, Presiden RI Bukan Jokowi
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Internasional
Pesta Rakyat Terpopuler di Samarinda: Inilah Daftar Kegiatan Festival Mahakam 2015
Undas Singing Contest: Ajang Pembuktian Talenta Terbaik Kota Samarinda
 
Clean Sheet Dua Laga: Kiper PBFC Ajak Fokus dan Rendah Hati
PSM 0-2 PBFC: Bukan Jago Kandang!
 
Jadi Wahana Perekat Keharmonisan Kota Samarinda: Jambore Cabang Kwarcab Samarinda Digelar di KRUS
Peringatan Hari Koperasi ke-68 di GOR Segiri Samarinda: Kualitas Pengurus Koperasi di Kaltim Harus Ditingkatkan
 
Crane Raksasa Jatuh di Mekkah: Puluhan Orang Tewas dan Ratusan Luka-Luka
Gerakan Kemerdekaan Picu Situasi Tambah Panas: Umat Muslim di Xinjiang China Dilarang Berpuasa
Copyright © 2013-2018 MySamarinda.com. All rights reserved